Fungsi-fungsi manajemen

Fungsi-fungsi manajemen antara lain planning, organizing, staffing/assembling resources, directing/commanding, controlling. Ada juga leading, forescasting, cordinating, motivating, dan reporting.

1. Planning
planning adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2. Organizing
organizing adalah mengelompokkan kegiatan yang diperlukan, yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi.

3. Staffing
staffing merupakan fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

4. Directing
directing adalah fungsi manajemen berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah atau instruktur kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

5. Controlling
merupakan fungsi manajemen berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan semula.